• Jalan Pawiyatan Luhur I No.1, Semarang 50233 |
  • (024) 8317281 |
  • lldikti6@ristekdikti.go.id |

Politama Raih Lisensi Dari BNSP

Ketatnya kompetisi antar lulusan perguruan tinggi,  kompetensi dan profesionalitas sangat diperlukan dalam bentuk kepemilikan sertifikat kompetensi.

“Kami telah mendirikan LSP P1 sejak 2017, dan di tahun ini telah mendapat leisensi dari BNSP. Akan segera kami lakukan pelayanan para alumni untuk uji kompetensi dan mendapatkan sertifikat dari BNSP yang digunakan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).”

Hal ini disampaikan Direktur Politeknik Pratama Mulia (Politama) Surakarta Drs. Sunaryo, ST,MT pada saat acara wisuda ke-25 institusinya, berlangsung di Swiss-Belinn Saripetojo (21/11). Tampak hadir di acara tersebut perwakilan dari LLDIKTI Wilayah VI Kabag Kelembagaan dan Sistem Informasi Ngadiyanto, ST.M,Kom dan beberapa perwakilan dari tujuh perusahaan yang akan melakukan MoU.

Dijelaskan oleh Sunaryo, menurut Permendikbud No.81 Tahun 2014, SKPI merupakan dokumen yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar.

“SKPI juga dapat dikatakan sebagai “Rekam Jejak Mahasiswa dan Perkuliahan.” Jadi, dengan adanya SKPI segala macam aktivitas kegiatan selama kuliah dapat digambarkan di sini. Pemberlakuan SKPI ini sebetulnya mulai efektif diberlakukan pada tahun akademik 2014/2015, akan tetapi Politama baru memberlakukan secara fakultatif mulai tahun ini.” ungkapnya

Ia menambahkan, untuk lulusan tahun ini sertifikasi kompetensi dari LSP P1 Politama sebagai SKPI masih belum diwajibkan. Namun, untuk tahun depan sudah harus memiliki sertifikat kompetensi dan profesionalitas alumni yang dilengkapi sertifikat kompetensi dari BNSP.

“Semoga dengan dimilikinya sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP dapat mampu berperan dalam meningkatkan efisiensi ekternal sebagai milestones yang ketiga untuk mengantarkan pencapaian visi Politama.” harap Sunaryo

Sementara itu dari LLDIKTI Wilayah VI Ngadiyanto dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada Politama agar tahun depan membuka program Vokasi untuk jenjang DIV. “Hal ini kami maksudkan agar Politama dapat memfasilitasi bagi alumninya yang berkeingingan studi lanjut pada jenjang program Vokasi DIV.” Tegasnya.

Wisuda Politama kali ini diikuti sebanyak 190 lulusan dari 8 progdi Diploma III yang diselenggarakan, yakni Teknik Mesin 45 lulusan, Teknik Komputer 12 lulusan, Sekretari 19 lulusan, Mesin Otomotif 30 lulusan, Teknik Elektronika 7 lulusan, Akuntansi 18 lulusan, Manajemen Perusahaan 26 lulusan, dan Manajemen Informatika 33 lulusan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram