• Jalan Pawiyatan Luhur I No.1, Semarang 50233 |
  • (024) 8317281 |
  • lldikti6@ristekdikti.go.id |

Mahasiswa Baru Fak. Ekonomi Unwahas Kuliah Umum Bersama M. Nasir

Mantan Menristekdikti Prof.Dr.M. Nasir memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang, berlangsung di Fakultas Kedokteran, Gunungpati, Sabtu (2/11).

“Ini untuk pertama kalinya saya memberikan kuliah umum setelah tidak lagi menjabat sebagai Menristekdikti.” katanya

Pada kesempatan tersebut M. Nasir mengungkapkan mengenai bagaimana menghadapi situasi jaman sekarang, yakni strategi berkelanjutan perguruan tinggi dan lulusannya di era milenial.

Menurutnya, era milenial merupakan situasi yang merubah cara pandang kita dimasa yang akan datang. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah pemanfaatan teknologi big data.

“Kita saat ini telah mengalami perubahan yang amat sangat dahsyat, dimana diperkirakan 75 juta hingga 300 juta akan terjadi pergeseran terhadap pekerjaan atau bahkan pekerjaan tersebut akan hilang, dan akan muncul 1.8 juta jenis pekerjaan baru.” papar M. Nasir  

Sumber daya manusia merupakan tantangan utama. Kita masih berada di bawah negara tetangga seperti Singapore, Malaysia, Thaildang bahkan Philipinan. Tetapi mengenai kesejahteraan siswa adalah terbaik di dunia.

“Di bidang ilmu pengetahuan, Indonesia berada di urutan 62 dari 70 negara. Matematika urutan 64 dari 70 negara. Kegemaran membaca di urutan 63 dari 70 negara. Sedangkan Vietnam  di bidang ilmu pengetahuan berada di urutan 30. Bidang Matematika berada diurutan 8.” jelasnya.

Dalam upaya membangun perguruan tinggi di masa depan yang lebih baik, M. Nasir mengharapkan agar perguruan tinggi mampu berperan menyiapkan lulusan berkualitas, berkompetitif, berkarakter dan memiliki jiwa intrepreneur.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram