• Jalan Pawiyatan Luhur I No.1, Semarang 50233 |
  • (024) 8317281 |
  • lldikti6@ristekdikti.go.id |

ITS PKU Buka Prodi Unggulan

WhatsApp Image 2019-09-03 at 09.06.46 (1)

Setelah merubah bentuk dari Stikes menjadi Institut, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta menambah amunisi dengan membuka tiga prodi baru unggulan, yakni Prodi S1 Keperawatan, S1 Informatika, dan Pendidikan Profesi Ners.

Disampaikan oleh rektor ITS PKU Muhammadiyah Weni Hastuti, S.Kep.M.Kes. bahwa tiga prodi baru tersebut pada tahun ajaran 2019/2020 sudah mulai menerima calon mahasiswa baru.

“Untuk prodi S1 Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners menurut kami merupakan prodi “gemuk”, karena cukup diminati masyarakat yang mayoritas adalah alumni kami dari jenjang program D3. Sedangkan untuk S1 Informatika, merupakan prodi yang berbeda dengan yang sudah ada saat ini. Pada prinsipnya kami ingin mencetak sarjana informatika yang memiliki keunggulan di bidang informatika kesehatan guna memenuhi kebutuhan industri bidang kesehatan yang semakin pesat.”  

Pernyataan ini disampaikan ketika ditemui usai mewisuda lulusannya sebanyak 246 lulusan, terdiri dari lulusan S1 Gizi sebanyak 40 orang, prodi DIII Keperawatan sebanyak 191 orang, Prodi DIII Kebidanan sebanyak 15 orang. Sedangkan predikat cumlaude sebanyak 91 orang, berlangsung di Solo Paragon Hotel, Sabtu (31/8). Tampak hadir dan memberikan sambutan dalam  acara wisuda, Kepala LLDIKTI VI Jateng Prof.Dr. DYP. Sugiharto.

Weni menjelaskan, setelah menjadi Institut menyelenggarakan sebanyak 8 prodi,  meliputi program sarjana Gizi, Keperawatan, Informatika, Program Sarjana Terapan Anestesiology dan Teknology Rekayasa Elektromedik, Program Diploma III Keperawatan dan Kebidanan, serta Profesi Ners.

“Pasca berubah bentuk dan menambah prodi bukan berarti upaya pengembangan institusi harus berhenti. Prinsip yang senantiasa kami pegang adalah bergerak dan tumbuh.” tegasnya

Menurut Weni, seiring dengan bergulirnya revolusi industry 4.0 dan society 5.0, institusinya sedang merintis terealisasinya system pembelajaran daring yang merupakan implementasi pendidikan jarak jauh dimana peserta didik tidak harus berada di kelas untuk mengikuti perkuliahan.

Pada aspek yang lain, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta saat ini sedang berproses dalam pembentukan Lembaga Setifikasi Profesi (LSP) untuk tenaga kesehatan perawat dan bidan, bekerjasama dengan Badan Nasional Serifikasi Profesi (BNSP).

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram