• Jalan Pawiyatan Luhur I No.1, Semarang 50233 |
  • (024) 8317281 |
  • lldikti6@ristekdikti.go.id |

Lima Perguruan Tinggi Jalin Kerjasama Peningkatan SDM DPRD

WhatsApp Image 2019-08-06 at 13.20.28 (1)

Universitas Semarang (USM) menjalin kerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah dan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap di Aula Gedung V Lantai 6 USM kemarin (5/8).

Penandatanganan kerja sama dilakukan usai Rapat Koordinasi Pelaksanaan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Jateng Tahun 2019 oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah di USM dan ikuti sekeretaris DPRD dari 35 Kab/Kota di Jawa Tengah.

Selian USM, pada saat yang sama juga dialkukan penandatanganan kerja sama antara perguruan tinggi lain yaitu, UNNES dengan Sekretaris DPRD Kota Surakarta dan BPSDMD Prov Jateng, UNS dengan Sekretaris DPRD Kota Semarang dan  BPSDMD Prov Jateng, UNTAG  dengan Sekretaris DPRD  Kota Pekalongan dan BPSDMD Prov Jateng, Unisbank  dengan Sekretaris DPRD Kab. Banyumas dan BPSDMD Prov Jateng, serta UMS Surakarta dengan Sekretaris DPRD Kab. Temanggung dan BPSDMD Prov Jateng.

Dalam sambutannya, Rektor USM Andy Kridasusila SE MM mengatakan bahwa yang berada disini adalah yang berkomitmen untuk kemajuan Jateng, oleh karena itu kita saling bersinergi meskipun dari berbagai elemen di Jateng baik PT negeri maupun swasta.

“Meskipun jumlah mahasiswa USM terbanyak diantara PTS di Kota Semarang kita tidak saling bersaing dengan negeri dan swasta lainnya, tapi saling bersanding dalam mencerdaskan anak bangsa” tambah Andy.

Sementara  Herru Setiadhie SH MSI (Asisten Administrasi Sekda Prov Jateng) menyambut baik kerja sama ini dan berharap memberikan kebaikan bagi smua pihak.

Heru juga menyampaikan, dalam otonomi perlu dipahami bahwa masyarakat atau publik sekarang ini semakin kritis, semakin pandai dan mereka mengharapkan peran dan fungsinya terhadap wakil yang telah dipilih sehingga kita harus bisa membaca kebutuhan lingkungannya dan menjembatani lingkungan. Ia juga berharap bahwa kolaborasi antara PT dan Pemerintah Daerah tidak hanya bentuk biner saja tetapi dalam aspek peran legislasi juga.

Kepala BPSDMD Prov Jateng Drs Mohamad Arief Irwanto MSi menyampaikan bahwa memimpin itu juga harus memberikan masukan sejak perencanaan, evaluasi atau pengawasnya.

“Sekarang ini zaman dimana menggunakan sistem online, masyarakatpun komplain juga lewat online dengan koreksi di lingkungan masing-masing, oleh karena itu diharapkan ada kolaborasi akademisi yang dapat memberikan masukan,” tambahnya. Arief juga mengungkapkan bahwa tahun 2024 akan diadakan pemilihan kepala daerah serentak.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDMD Prov Jateng Andi Suyanto S STP MSi memaparkan peran dari BPSDMD Prov Jateng.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram